Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in ,

Ustaz Abdul Somad: Meninggalkan sholat jamaah dan jum’atan saat wabah penyakit covid-19

KURVA.ID – Ustaz Abdul Somad kembali mengeluarkan seruan agar masyarakat menjalankan ibadah salat wajib di rumah saat terjadi wabah virus corona Covid-19 seperti sekarang. Salat wajib itu baik salat lima waktu maupun salat Jumat.

Bahkan penceramah yang dikenal dengan sebutan UAS ini menegaskan bahwa salat fardu di rumah saat terjadi bencana penyebaran penyakit virus corona Covid-19 hukumnya sunat.

UAS menyampaikan hal ini dalam unggahan video di akun instagram @ustadzabdulsomad_official. 

Ia membacakan salah satu pertanyaan dari peserta pengajian secara daring. “Apakah wajar mengikuti aturan pemerintah untuk tidak solat berjamaah?” katanya.

Lalu UAS menjawab, “Mana ada pemerintah yang berani melarang orang untuk solat Jumat dan solat fardu berjamaah? Kenapa pemerintah melarang? Karena mufti yang mengeluarkan fatwa,” kata Abdul Somad. 

Ia menyebut beberapa mufti di wilayah Malaysia telah mengeluarkan fatwa larangan solat berjamaah di masjid dan musala termasuk salat Jumat. “Seperti persekutuan, mufti Selangor, komisi fatwa Majelis Ulam Indonesia (MUI). Mereka ambil dari sunnah Rosulullah,” katanya.

Karena itu UAS menegaskan, “Meninggalkan solat berjamaan dan solat jumat pada masa tersebarnya wabah penyakit tho’un, pest adalah sunnah Rosullulah SAW,” kata Abdul Somad.

Sebelumnya Ustaz Abdul Somad juga pernah memberikan tanggapan atas merebaknya penyakit menular dan mewabah di seluruh dunia seperti virus corona Covid-19.

UAS menyebut kasus serupa sebenarnya pernah terjadi saat di Mesir hingga Spanyol tahun 1800an.

Halaman: 1 2

Rekomendasi

Unggahan Presiden Brasil soal Virus Corona Dihapus Facebook

Mengapa orang suka mendengarkan Ustadz Abdul Somad? Ini penjelasannya

Back to Top